Header Ads

PENJELASN KURIKULUM 2013 HINGGA REVISI TAHUN 2017

PENJELASN KURIKULUM 2013 HINGGA REVISI TAHUN 2017

Pada awal peluncuran pertama kali Kurikulum 2013, Mendikbud saat itu pernah menyampaikan bahwa Kurikulum 2013 bersifat dinamis; artinya kurikulum 2013 adalah kurikulum yang tumbuh, membuka peluang untuk diadakan perbaikan-perbaikan menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan.
Sejalan dengan itu maka begitu banyak perubahan-perubahan yang begitu cepat terjadi dalam pelaksanaan kurikulum 2013, mulai dari konsep kurikulum, buku-buku yang digunakan, sampai dengan Peraturan-peraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013.

Supaya mudah di ingat perubahannya saya akan jelaskan beberapa peraturan yang menjadi acuan dari tahun ke tahun

DASAR

Pasal 27 ayat 1: menjelaskan bahwa yang termasuk warga negara dan tinggal di wilayah negara indonesia wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan yang berlaku di wilayah negara republik indonesia. 

DULU

Nomor
Tentang
Katagori
19 tahun 2005
Standar Pendidikan Nsional

13 Tahun 2015 perubahan 19 tahun 2005
Standar Pendidikan Nsional

 54 Tahun 2013
Standar Kompetensi Lulusan
permendikbud
64 Tahun 2013
Standar Isi

65 Tahun 2013
Standar Proses

66 Tahun 2013
Standar Penilaian Pendidikan

104 Tahun 2014
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah melalui pelatihan-pelatihan


SEKARANG
20 Tahun 2016
Standar Kompetensi Lulusan
permendikbud
21 Tahun 2016
Standar Isi

22 Tahun 2016
Standar Proses

23Tahun 2016
Standar Penilayan Pendidikan

24 Tahun 2016
KI -KD

25 Tahun 2017 atas perubahan no 09 tahun 2017
Dana Alokasi Khusus




04 Tahun 2018
Standar Penilaian








Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :

1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang    diperkuat        terutama 5 karakter, yaitu:

 1  religius,
 2 .nasionalis,
 3. mandiri,
 4. gotong royong,
 5. integritas. 

2.Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C
1 Creative,
2. Critical thinking,
3. Communicative, dan
4.Collaborative); 
3Mengintegrasikan HOTS
    1.Higher 
    2.Order 
    3 Thinking
    4 Skill).

Pengintegrasian dapat berupa :

·                     Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); 
·                     Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; 
·                     Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

1.Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter  siswa,
2.Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau           luar     sekolah;
3.Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite             Sekolah dengan  kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.




Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi ;

1.                   Literasi Dini (Early Literacy),
2.                   Literasi Dasar (Basic Literacy), 
3.                   Literasi Perpustakaan (Library Literacy), 
4.                   Literasi Media (Media Literacy), 
5.                   Literasi Teknologi (Technology Literacy), 

6.                   Literasi Visual (Visual Literacy).




Demikian yang dapat disampaikan mengenai Penjelasan Singkat Perbedaan RPP K13 Edisi Revisi 2016 Dengan RPP K13 Revisi 2017, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.


No comments